Mengenali Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Kista Pada Payudara

Mengenali Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Kista Pada Payudara

Selain pada organ reproduksi wanita, kista juga dapat tumbuh dalam payudara. Ini terjadi sebagai reaksi sel dari pasang surutnya hormon seorang perempuan dari bulan ke bulan.

Mengenali Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Kista Pada Payudara

Kista umumnya hanya dialami oleh perempuan yang aktif secara seksual, artinya anak perempuan yang belum menstruasi dan perempuan berusia lanjut yang sudah menopause tidak akan terkena kista payudara.

Ciri-Ciri Kista Payudara

Kista pada payudara memiliki bentuk bulat agak lonjong, elastis, dan lunak ketika ditekan. Ukurannya pun berubah-ubah, tergantung pada perubahan hormon estrogen Anda.

Saat menjelang menstruasi, ukurannya dapat mempesar. Sedangkan pada saat menstruasi ukurannya bisa kembali mengecil.

Ketika ditekan, umumnya kista payudara tidak terasa sakit. Namun khusus pada saat pra-menstruasi kista akan terasa nyeri saat ditekan. Inilah tanda-tanda umum yang dirasakan ketiaka Anda memiliki kista di dalam payudara, di antaranya yakni:

  • Adanya benjolan baru dan asing di payudara yang sebelumnya tidak ada.
  • Ada perubahan-perubahan yang janggal pada payudara.
  • Muncul benjolan pada ketiak.
  • Muncul cairan bahkan darah pada puting susu.
  • Payudara menjadi merah, membengkak, dan terasa panas.
  • Payudara terasa nyeri meski bukan pada periode menstruasi.

Penyebab Timbulnya Kista Pada Payudara

Untuk penyebabnya sampai saat ini para ahli masih belum mengetahui penyebab pasti dari kista payudara. Namun beberapa ahli berusaha membuat kesimpulan bahwa berlebihannya kadar estrogen dalam tubuh bisa memicu munculnya kista payudara.

Payudara terdiri dari jaringan-jaringan kelenjar, jumlah jaringan ini akan bertambah ketika hormon estrogen banyak diproduksi seperti ketika menjelang menstruasi, masa kehamilan, dan ketika menyusui. Akibatnya timbul kista yang kian lama semakin tumbuh membesar.

Pendapat lain juga meyakini bahwa kista payudara berkembang ketika kelenjar dan jaringan ikat pada payudara menghambat saluran susu, dan akibatnya kelenjar serta jaringan tersebut melebar dan kemudian terisi oleh cairan.

Pilihan Pengobatan Kista Payudara dan Cara Mendeteksinya

Cara paling mudah, murah, dan sederhana untuk mengetahui keberadaan kista pada payudara ialah dengan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri.

SADARI merupakan kegiatan memijat payudara sendiri secara perlahan dengan alur yang sudah ditentukan untuk mencari tahu apakah ada benjolan-benjolan tidak lazim di sekitar payudara.

Jika SADARIĀ  dirasa terlalu sulit untuk dilakukan, Anda bisa langsung mengkonsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

Baca : Cara mencegah penyakit kista yang bisa dilakukan sendiri di rumah

Hal pertama yang akan dokter lakukan adalah memeriksa payudara secara fisik, kemudian tes pencitraan pada payudara yang akan dilakukan melalui USG atau mamografi.

Jika hasilnya menunjukkan bahwa terdapat benjolan di payudara, dokter biasanya akan melakukan analisis lebih lanjut untuk mendeteksi apakah benjolan yang ada tersebut kista atau masalah lain.

Bila memang benjolan tersebut kista, dokter akan melakukan pengobatan sesuai ukuran dan kondisi kista. Jika kista sangat kecil, jinak dan dirasa tidak mengganggu, dokter akan menyarankan meminum obat herbal kista sambil terus dipantau pertumbuhannya.

Sedangkan jika kista agak membesar dan terlihat berisi cairan, dokter akan melakukan aspirasi jarum halus yang merupakan prosedur pengambilan cairan dari dalam kista melalui jarum suntik.

Namun, bila ciri-ciri penyakit kista payudara yakni benjolan tersebut semakin parah, seperti cairan berdarah dan kista muncul kembali dalam beberapa waktu, Anda harus melakukan pengobatan dengan jalan operasi untuk mengangkat kista tersebut.

Itulah informasi mengenai penyebab dan ciri-ciri penyakit kista pada payudara yang dapat admin bagikan. Semoga dengan mengenali lebih dulu apa penyebab dan ciri-cirinya akan semakin meningkatkan kewaspada Anda terhadap penyakit yang paling sering wanita ini.

Terimakasih telah berkunjung.

Mengenali Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Kista Pada Payudara