Waspadai Bahaya Kista Yang Tidak Segera Ditangani

Qncobatkista.com – Kista merupakan salah satu penyakit berbahaya yang umumnya sering menyerang kaum wanita. Kista merupakan benjolan pada indung telur yang berisi cairan, atau jaringan lain seperti darah, rambut, tulang, dan kuku.

Penyakit kista tergolong sebagai tumor jinak yang tidak mengancam hidup penderitanya. Sebagian besar penanganan kista adalah pembedahan berskala kecil untuk mengangkat kista yang adi di ovarium atau bagian tubuh lain di mana kista berada.

Waspadai Bahaya Kista Yang Tidak Segera Ditangani

Baca : Biaya operasi pengangkatan kista

Namun sayangnya, banyak berita simpang siur terkait kista yang telah banyak menyesarkan orang. Banyak yang beranggapan bahwa kista merupakan penyakit mematikan serta dapat mengganggu kesuburan seorang wanita. Padahal tidak semua jenis kista dapat menyebabkan ketidaksuburan. Benarkah demikian?

Kista sendiri terdiri dari berbagai jenis, dan setiap jenisnya memiliki karakterisitik masing-masing, seperti:

» Penyakit kista non neoplastik yang pada umumnya bersifat jinak. Biasanya benjolan pada indung telur akan mengempis dan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 2-3 bulan, sehingga penyakit kista jenis ini tidak membutuhkan operasi sebagai penyembuhan.

» Penyakit kista neoplastik. Kista jenis ini bisa lebih berbahaya dibanding kista non neoplastik. Kista jenis ini membutuhkan operasi sebagai proses penyembuhannya. Namun tidak semua kista neoplastik harus dilakukan operasi, hal ini tergantung dari sifat dan ukuran benjolan pada indung telur.

Kista akan berdampak pada proses menstruasi wanita karena mengganggu sistem hormon. Lebih parahnya, kista ini dapat menimbulkan kemandulan pada wanita karena tidak mampu menyalurkan sel telur dengan baik.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk wanita yang berumur 20-30 tahun. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa gejala kista agar bisa melakukan pencegahan dini, sehingga kista tidak berkembang menjadi kronis.

Baca : Gejala atau Tanda-tanda adanya kista di rahim wanita

Untuk itu, Anda harus me-waspadai bahaya kista yang tidak segera ditangani agar tidak menimbulkan efek buruk bagi tubuh Anda.

Waspadai Bahaya Kista Yang Tidak Segera Ditangani

Bahaya kista bisa terjadi jika Anda membiarkan penyakit tersebut tanpa pengobatan, sehingga penyakit tersebut berkembang dan bisa menyebabkan komplikasi yang dikatakan cukup serius dan sangat berbahaya, seperti:

  • Berisiko besar terserang penyakit kanker endometrial.
  • Berisiko terserang kanker payudara.
  • Berisiko terserang penyakit diabetes.
  • Tekanan darah tinggi dan obesitas.
  • Tidak dapat memiliki keturunan (mandul).
  • Komplikasi pada kehamilan.
  • Kista pecah, yang menimbulkan rasa sakit hebat.

Pencegahan bahaya penyakit kista

Pada dasarnya kista tidak mudah untuk dicegah, karena kista dapat muncul pada wanita yang masih masuk dalam usia subur. Namun, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari bahaya kista:

  • Mencegah masalah ketidakseimbangan estrogen. Produksi estrogen yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit kista ovarium. Anda bisa mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon estrogen dengan cara:
    » Menghindari semua jenis makanan yang terbuat dari kedelai, karena kedelai mengandung senyawa yang bisa memicu produksi estrogen.
    » Hindari terlalu sering mengonsumsi air mineral yang dikemas dalam botol plastik.
    » Hindari mengkonsumsi berbagai jenis makanan berbahaya saat hamil yang mengandung pengawet atau berbagai jenis zat tambahan.
    » Konsumsi berbagai jenis daging dan susu tang tidak mendapatkan zat tambahan makanan.
    » Konsumsi berbagai jenis makanan tang disimpan di plastik.
  • Hindari mengkonsumsi berbagai jenis pantangan makanan ibu hamil yang mengandung keju dan daging olahan. Anda bisa mengganti jenis makanan ini dengan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta kacang-kacangan.
  • Menurunkan berat badan berlebih. Ketika Anda mengalami kelebihan berat badan atau lemak dalam tubuh bisa membuat tubuh memproduksi hormon estrogen yang lebih banyak. Hindari juga konsumsi berbahai jenis makanan tang mengandung lemak jenuh.

Itulah informasi mengenai bahaya penyakit kista jika dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan. Semoga dengan adanya informasi ini semakin menambah kewaspadaan Anda jika ada benjolan abnormal di perut dan gejala kista lainnya untuk mencegah komplikasi berbahaya yang menyertainya.

Waspadai Bahaya Kista Yang Tidak Segera Ditangani